TRAGEDI JIKA HIDUP TANPA TUJUAN

242

Tragedi hidup bukan ketika kita tidak dapat mencapai tujuan. Namun, tragedi sebenarnya adalah ketika kita tidak mempunyai tujuan. Jadi, tetapkan tujuan dengan teguh. Soal kapan mencapainya, yang penting terus berusaha melaluinya.

Diiringi selalu doa dan tawakkal kepada Allah Sang Maha Kuasa. Sebab, pada hakikatnya kekuatan apapun manusia tidak akan sanggup mencapai tujuan yang dicita-citakannya. Akan tetapi hanya berkat rahmat dan pertolongan Allah semata. Adapun usaha yang kita lakukan adalah prasyarat yang wajib dilakukan untuk meraihnya.

Sebagai permisalan, banyak peserta yang sudah menetapkan tujuan hendak menghadiri Aksi Super Damai 212. Namun, lebih banyak kendala yang menghadangnya. Mulai dari sulitnya mencari agen bus, ceck poin, kesibukan lain, cuaca, keuangan, jarak dan sebagainya.

Namun, jika tujuan itu sudah sangat diyakini, maka semua itu bukan kendala. Peserta longmarch Ciamis-Monas, yang menempuh jarak ratusan km, melintasi puluhan desa dan kota, menembus siang dan malam, panas dan rintik hujan. Namun, semuanya dinikmatinya, demi tujuan Monas 212. Dan mereka berhasil mencapainya tanpa merasakan capai, dan menikmati hasilnya….

Jangan biarkan tragedi menghampiri kita, dengan hidup tanpa tujuan mulia. Miliki tujuan dan nikmati rintangannya.

By : Afta

BAGIKAN
Ali Farkhan Tsani, Pengasuh Pesantren Tahfidz Al-Quran dan Al-Hadits Yayasan Daarut Tarbiyah Indonesia (DTI) - Bogor. Redaktur Senior Kantor Berita Islam MINA (Media online dengan tiga bahasa Ind, Arab, Ingggris). Dapat Dihubungi melalui WA: 082221427842 atau email: [email protected]

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.