Doa Agar Menjadi Hamba Yang Pandai Bersyukur

245

Oleh : Ali Farkhan Tsani

Kalimat pembuka pidato atau ceramah pada umumnya diawali dengan “Alhamdulillah, segala puji dan syukur hanya milik Allah yang telah memberikan kita berbagai macam karunia-Nya…..” dan seterusnya.

Ini menunjukkan betapa pentingnya ungkapan rasa syukur kepada Allah, dan memang kita manusia dituntut dan dituntun untuk selalu menjadi hamba yang pandai bersyukur.

Hanya kadang manusia suka lupa, ketika diberi sedikit saja karunia, baik berupa kelebihan harta, jabatan, kedudukan atau rezki lainnya. Ia menjadi lupa kepada Tuhannya dan sesama. Padahal syukur itu bermakna menggunakan apa yang telah Allah karuniakan itu untuk hal-hal yang diridhai-Nya.

Untuk itu, agar kita tetap terjaga menjadi hamba yang senantiasa pandai bersyukur, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan salah satu doanya, yaitu:

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya “Ya Allah, tolonglah kami untuk menjadi hamba yang selalu ingat kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu”. (H.R. Abu Dawud).

Semoga Allah mudahkan kita menjadi hamba yang pandai bersyukur. Aamiin.

sumber : www.mirajnews.com

BAGIKAN
Ali Farkhan Tsani, Pengasuh Pesantren Tahfidz Al-Quran dan Al-Hadits Yayasan Daarut Tarbiyah Indonesia (DTI) - Bogor. Redaktur Senior Kantor Berita Islam MINA (Media online dengan tiga bahasa Ind, Arab, Ingggris). Dapat Dihubungi melalui WA: 082221427842 atau email: [email protected]

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.